Inspiration

Inspiration
Semalam di 'Bellagio'

Kamis, 31 Maret 2011

CONTOH : RINCIAN MINGGU EFEKTIF (RME)

Hai..teman2 guru semua..
Pa kabarnya hari ini..mudah-mudahan tetap semangat, karena tanpa 'semangat' kita tak akan pernah bisa mencerdaskan anak bangsa ini..amin.

Banyak sudah pertanyaan2 yang disampaikan ke saya tentang : bagaimana sebenarnya menghitung Minggu efektif dalam Perangkat Pembelajaran. RME merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sebab, untuk menentukan alokasi waktu yang disediakan dalam RPP terlebih dahulu dilakukan perhitungan Mingguan efektifnya, hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan langkah-langkah pembelajaran sesuai yang diamanatkan dalam KTSP.

Untuk menghitung Minggu Efektif, ada beberapa bahan yg hrs disiapkan, diantaranya adalah:
1. Kalender Pendidikan (Setiap kabupaten/kota dapat berbeda2);
2. Silabus mata pelajaran; dan
3. Format RME itu sendiri.

Nah, masalah yg ke-3 ini mungkin yag sering menjadi perdebatan hangat. Memang sich.. belum ada format baku yg merujuk ttg bentuk RME itu sendiri. Oleh karenanya setiap sekolah diberi kebebasan untuk membuat sendiri format yang sesuai dengan kebutuhan sekolah tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, link berikut ini dapat dijadikan acuan bagi teman2 guru untuk dapat menghitung Minggu Efektif. Format tersebut merupakan contoh, ia dapat dikembangkan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Akhirnya, meskipun sedikit, semoga dapat bermanfaat bagi kita semuanya..terima kasih..selamat menjalankan tugas...sejahteralah Guru Indonesia!!

Download Contoh RME 2010/2011 disini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berikan komentar anda ya...